Cerpen | Akibat Pergaulan Bebas


Perkenalkan namaku Zhanes Dhiavaro biasa dipanggil Zhanes, aku kelas 2 SMP di SMPIT AL-Muhajirin.Aku anak kedua dari dua bersaudara di sebuah keluarga yang bahagia dan menyayangiku, aku mempunyai kakak yang bernama kak alvaro biasa dipanggl kak varo,  dia  itu dulu baik, perhatian, penuh dengan kasih sayang, tapi semenjak dia lulus SMP  dia itu jadi terlalu cuek dan tidak disiplin,beribu cara telah aku, umi dan abi lakukan  untuk mengubah sifat kak varo menjadi seperti dulu, tapi tidak berhasil. Besok adalah hari pertamaku masuk kelas 2.
Kringgg…kring…kringgggggggggggg….(alarm berbunyi pukul 4.30) aku terbangun
“zhanes kamu udah bangun?”kata umi sambil mengetuk pintu
“zhanes udah bangun kok umi”kataku sambil menguap
“cepat ambil air wudhu, umi sama abi tunggu di bawah untuk sholat subuh berjamaah ya”
               Aku bergegas mengambil air wudhu, keluarga ku termasuk keluarga disiplin, harus melakukan kegiatan dengan tepat waktu, lalu aku turun ke bawah untuk sholat, aku tidak melihat kak varo, umi bilang kak varo sholat di kamar katanya sih semalam dia pulang larut malam. Aku bingung ga biasanya malah gapernah kak varo pulang malam, dia itu anaknya sangat disiplin.
              Pukul 6.30 wib aku berangkat ke sekolah aku tidak boleh terlambat karena ini hari pertama masuk sekolah dan berkenalan dengan teman-teman baru di kelas 2A. setiba di kelas aku bingung mau duduk dimana, karena bangkunya sudah pada ditempati…
“Hei…”seseorang menepuk bahuku
“he..ii.. J”
“belum kebagian tempat duduk yaa?sini duduk denganku, kebetulan sampingku kosong”katanya
“oh iyaa, makasih ya J” beranjak ke tempat duduk “nama kamu siapa?” kataku
“namaku Meta Angellina panggil aja meta aku dari kelas 7C, kalo kamu?”kata meta
“Namaku Zhanes Dhiaselly panggil aja Zhanes aku dari kelas 7A, salam kenal yaa meta J”kataku sambil berjabat tangan
“oke Zhanes salam kenal juga yaa J”
               Aku senang di kelas 2A, seharian kuhabiskan bersama-sama dengan meta, tadi itu dikelas ada cowo yang bikin hatiku berbunga-bunga. aku takut banget jatuh cinta kepadanya. setelah kupandangi dia dengan teliti ternyata dia ganteng juga, dia itu bernama elang , dia itu udah bikin aku terpesona dengan pandangannya.aku segera pulang menuju rumah.
              Dijalan aku bertemu dengan kak varo, dia sedang bergandengan dan bermesra-mersaan di jalan dengan wanita tidak jelas gitu. Lalu masuk ke tempat discotik. Astagfirullahaladzim apa benar itu kak varo?dia itu lelaki yang baik, mana mungkin melakukan hal seperti itu, lebih baik aku ikuti orang itu untuk memastikan bahwa itu bukan ka varo. Sampai di discotik lalu aku melihat orang seperti kak varo
“kak varooooooo!”kataku dengan suara lantang
             Dan ternyata benar dia adalah kak varo, dia langsung pergi entah kemana, kakakku yang dulu selalu aku banggakan! Yatuhan apa yang terjadi padanya?bukalah matanya ya tuhan sadarkanlah dia, aku tidak bisa menahan air mata ini sampai rumah aku langsung ke kamar, aku pokoknya mau tunggu kak varo sampai pulang!
              Pukul 23.00 wib mataku sudah tak kuat, ingin rasanya tidur, tapi aku ga mau tidur sampai ka varo pulang, aku ingin penjelasan dari kak varo, mengapa dia seperti ini?ada suara orang masuk, aku harap itu kak varo, dan ternyata benar.
“kak varo!!”
“ada apa?”dengan suara keras
“kakak ngapain?bukannya sekolah tapi malah berduaan dengan cewe ga jelas, kakak itu kenapa sih?”kataku agak kesal
“eh siapa yang berduaan sama cewe?!gue aja dari tadi sekolah, gue baru pulang karna banyak tugas yang harus dikerjain!”katanya dengan sedikit marah
“ya tuhan kak, jelas-jelas aku liat sendiri kalo itu kakak! Terus kakak ke tempat diskotik kan?”
“siapa lagi yang ketempat discotik, jelas-jelas gue sekolah, jadi anak kecil jangan sok tau deh!”
“terus kalo bukan kakak siapa lagi?jangan bohong deh kak!jujur aja!aku mau kakak yang dulu! yang baik, jujur, disiplin, dan bicara yang sopan gak KASAR!”kataku dengan kesal
 “dasar anak kecil yang kurang ngajar!”sambil mendorongku ke lantai
               Aku tak bisa menahan air mata ini, siapa yang sudah membuat kakakku seperti ini?aku ingin kakakku yang dulu, yang selalu jujur, besok aku harus menyelidikinya, apa penyebabnya! Aku ingin sekali cerita sama abi dan umi tapi mereka besok ingin berangkat umroh, aku tidak ingin mengecewakan mereka, tapi aku harus jujur walaupun menyakitkan, oke besok aku harus cerita! Keesokan harinya…
“abi…umi…”
“ada apa zhanes?”kata abi
“aku ingin cerita, tapi abi sama umi jangan marah yaa” kataku sambil memohon
“iya umi sama abi tidak akan marah, ayo cerita”kata umi
“ka varo…” kataku dengan suara sedih
“kenapa varo?”kata abi
“kemarin aku pulang sekolah liat ka varo, dia berduaan sama perempuan ga jelas, terus masuk ke discotik, aku kira itu bukan kak varo, setelah aku ikuti dan ternyata dia benar kak varo bi,mi!”kataku
“astagfirullahaladzim, mana kakakmu?biar abi hukum!”kata abi
“jangan abi, biarkanlah dulu, kita ubah sifatnya dulu”kataku
“zhanes, abi udah cape, dan nanti sore abi sama umi mau berangkat umroh, bagaimana nasib kakakmu bila tak ada abi dan umi!”kata abi
“tenang aja bi,mi zhanes akan selidiki dan mengubah kak varo seperti dulu”kataku
“umi takut ga berhasil, dan malah semakin buruk, kakakmu itu harus diberi pelajaran nak!”kata umi
“oke abi beri kamu kesempatan, semoga kamu berhasil, abi titip kakakmu ya zhanes”kata abi
“aku janji abi”kataku
“kalau tetap tidak bisa, abi akan masukkan kakakmu ke pesantren, yasudah kamu berangkat sekolah sana, nanti telat”kata abi
“hati-hati dijalan ya nak, nanti kalau kamu pulang, umi sama abi sudah berangkat selamat tinggal”kata umi sambil mengecup dahiku
               Semoga usahaku berhasil kali ini. Amin…aku harus ke kamarnya kak varo sebelum berangkat sekolah, ya tuhan ada narkoba disini!kak varo emang udah keterlaluan banget! Aku harus minta bantuan meta semoga dia bisa membantuku, aku harus berangkat sekolah sekarang…
Tiba disekolah…
“zhanes…. sini, tempat duduknya diacak kita duduk disini!”kata meta
(Hah?serius?belakangku elang?elang kok senyum-senyum sendiri gitu yaa, aduh bikin tambah suka aja nih)dalam hati
“hello ness… kok bengong, ayo duduk, ada apa, cerita dong, siapa tau aku bisa bantu”kata meta
“oh iya met, aku mau cerita nih, kakaku itu berubah banget sekarang, aku mau kakakku yang dulu, yang baik,jujur,perhatian, kamu bisa bantu aku ga?”kataku
“oke aku akan bantu kamu nes, kita kan bestfriend J”kata meta
“oke deh, eh met kok bisa ya belakang kita itu elang?mimpi apaa yaa?”kataku berbisik
“cie…kami suka ya nes sama elang?”kata meta
“hmmmm i…y..aaa metJ”kataku
“eh zhanes, kamu tau ga rumus cari volume limas?”kata elang tiba-tiba
“t..a…u,(agak gugup) 1/3 x L.alas x T, jadi kan luas alasnya persegi sisi x sisi 6×6=36cm dan tingginya 12cm jadi volumenya 144cm3”kataku (ya tuhan elang ganteng banget, loh kok dia liatin mata aku yaa bukannya soalnya, aduh jadi kepedean gini kan)dalem hati “hallo elang”kataku membangunkan bengongnya
“cie…………”kata meta JBJB
“eh maaf zhanes, sebenernyaaa…”kata elang malu-malu
“kenapa lang?”kataku
“dari pertama masuk aku suka sama kamu nes, kamu itu cantik, baik, pinter lagi,  kamu mau ga jadi pacar aku?”
“yaa am..pun kok bisa sama sih, aku juga lang, sama kaya kamu J”kataku
“jadiii…???”kata elang penuh harapan
“udah jadian aja..”kata meta
“oke aku terima Jtapi kita pacarannya ga usah lebay yaa, kayo rang-orang gede, kita pacaran ga usah serius-serius banget, kita buktiin dulu kalo kita bisa memperoleh nilai bagus”kataku
“yess!! Oke  I LIKE IT”kata elang
“cieee, lang nanti temenin kita ber2 ya untuk penyelidikan kakaknya zhanes?”kata meta
”oke pulang sekolah yaaa”kataku
              Ganyangka banget yaa elang punya rasa yang sama kaya aku, thanks god for today, hari ini ga bakalan terlupakan J tapi aku belum merasakan kasih sayang seutuhnya dari orang-orang sekitarku, ya kakaku, aku harus berusaha untuk mengembalikan kakakku seperti dulu, semoga berhasil… amin J
               Bel pulang sekolah pun berbunyi, aku, meta dan elang tentu tak pulang ke rumah, kita akan menyelidiki kak varo, aku pun melihat kak varo sedang minum miras, astagfirullahaladzim L, aku ga boleh menyerah
“itu kak varo , yang pakai baju seragam SMA sendiri, kaka varo emang keterlaluan!”kataku
“sabar zhanes, kita ikuti gerak-gerik  kak varo terlebih dahulu”kata elang
“makasih ya lang, udah semangatin J”kataku sambil memeluk
“eh lait kak varo pergi tuh?”kata meta
“oh, iya ayo kita ikuti”kata elang
Kami bertiga pun mengikuti gerak-gerik kak varo dan ternyata kak varo membeli narkoba lagi, dan akhirnya kak varo pun keluar, tapi kak varo keluar dengan 3 preman.
“ya tuhan kak varo.. L dipukuli ketiga preman itu”kataku panik
“nes ternyata kak varo belom membayar narkoba itu, jadi dipukuli”kata meta
“aku akan menyelamatkan kakakmu nes”kat elang bergegas lari
“tunggu lang!”(menggenggam tangan elang)”biar aku ajaaaa!”kataku sambil berlari
“nes tunggu hati-hati ada truck yang melaju kencang!!”kata elang berteriak
“nes awasssssss!!!”kata meta
               Bruuuukkkkkkk!!!!akhirnya aku tertabrak truck yang melaju sangat kencang, orang-orang disekitarku pun panik, dan kak varo pun panik mereka membawaku ke rumah sakit, dan keadaanku pun sangat buruk, aku koma,
“kak!! harusnya kakak sadar dong! Zhanes tuh sayang sama kakak dia itu berusaha untuk mengubah kejelekan dan menolong  kakak, sampai-sampai tertabrak truck dan KOMA kak!!!”kata elang penuh emosi
“kak berubahlah seperti kak varo yang dulu yang baik, jujur, perhatian, penuh kasih sayang!!!”kata meta
“nes maafin kakak yaa, kakak janji akan selalu menjagamu, kakak udah terjerumus ke jalan yang salah, maafin kakak”kata kak varo
“percuma kak, zhanes masih KOMA, mending kita sholat berdoa kepada tuhan agar zhanes sadar dan sembuh kak,”kata elang
“iya bener kata elang kak, ayo kenapa diem aja!”kata meta
               Semua orang yang sayang sama aku berdoa agar aku sadar dari KOMA dan aku berhasil buat kak varo menjadi kakak seperti dulu penuh perhatian dan kasih sayang, aku sangat berterimakasih sama allah, meta, dan elang, mereka telah membantuku untuk merubah kakaku J, besok abi sama umi pulang umroh, tapi aku masih belum sadar dari KOMAku, abi sama umi panik disana, aku ga mau bikin mereka khawatir, aku ingin membuat mereka semua bahagia, penuh kasih sayang, yatuhan sadarkanlah aku dari KOMA ini J
Keesokan harinya….
“asalamualaikum…”kata abi dan umi
“waalaikumsalam”kata kak varo, meta dan elang
“umi abi, maafin varo L, varo sadar kalau selama ini varo udah terjerumus, dan gara-gara varo zhanes KOMA”kata kak varo sambil menangis
“baguslah kalau kamu sudah sadar nak, jangan pernah mengulang semua ini yaa, adikmu sampai begini kan, kamu baru sadar!!!”kata abi
“varo janji tidak akan mengulangnya lagi bi”kata varo
“baguslah kalau begitu nak”kata umi sambil memeluk
“lihat zhanes sudah sadar”kata elang
“zhanessss…..”kata meta
“i…y…aaa”kataku perlahan
“zhanes kamu sudah sadar?maafin kakak yaa nes, kakak janji tidak akan mengulang lagi J”kata kak varo
“iya kak aku smaafin kakak kok J”kataku
               Akhirnya aku merasakan kasih sayang itu kembali abi,umi,kak varo, meta dan elang aku sangat menyayangi kalian semua, terimakasih yatuhan, engkau telah mengabulkan permintaanku, dan aku sekarang sudah sehat kembali, aku tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini, aku akan jaga kasih sayang ini dengan baik, tidak ada lagi perubahan-perubahan yang terjadi.

Janganlah engkau terjerumus ke jalan yang salah, sayangilah keluargamu karena keluarga adalah no 1 J

About basrysihotang

ANYTHING
This entry was posted in Educations. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

